Langsung ke konten utama

Kegiatan KP3E MAN 2 Kota Bekasi

Bermalam di Buperta, Siswa-siswi MAN 2 Kota Bekasi Jalani KP3E dengan Semangat
Cibubur (Buperta Wiladatika) — Pada tahun ini, kegiatan pelantikan dan pelatihan ekstrakurikuler diadakan di luar sekolah dengan berkemah. Oleh sebab itu kegiatan kali ini dinamakan KP3E (Kegiatan Perkemahan, Pelantikan, dan Pelatihan). KP3E telah diselenggarakan pada Senin pagi (12/12/22) hingga Selasa siang (13/12/22) di Bumi Perkemahan Pramuka Wiladatika, Cibubur. Tema yang diusung tahun ini adalah “Membentuk Generasi Yang Mandiri, Berkarakter, dan Berwawasan Kebangsaan.” terdapat 110 peserta meliputi perwakilan dari ekstrakurikuler, pembimbing PMR, Pramuka, dan Paskibra. “Kegiatan ini dibuat agar terciptanya soliditas dari rekan-rekan sesama anggota ekskul dan ekskul yang lain, agar menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik, mandiri, kuat, dan memiliki ketahanan yang tinggi,” ucap Bapak Sahrul Anwar, S.Pd. pada rapat pertama sebelum KP3E dilaksanakan. Kegiatan ini dibuka dengan apel pembukaan dimana Kepala Kantor Kemenag Kota Bekasi, Bapak H. Shobirin S.Ag., M.Si., Beliau memberikan sambutan dan harapannya bagi siswa/i MAN 2 Kota Bekasi. Dan dengan di ucapkannya Trisatya dan Dasa Darma maka resmi sudah KP3E dimulai.
Berbagai aktivitas pun juga dimulai setelah apel pembukaan. Peserta diberikan waktu untuk merapikan barang-barangnya dalam tenda yang telah ditentukan, istirahat, shalat, dan makan siang sebelum mendengarkan materi tentang Keorganisasian yang dibawakan oleh Bapak H. Musakir, S.Ag, MM.Pd. (Waka. Bid. Akademik) dan materi tentang Public Speaking yang dibawakan oleh Ibu Hj. Sitti Mulyani, S.Pd (waka. Bidang Hubungan Masyarakat)
Dalam materinya, Ibu Hj. Sitti Mulyani, S.Pd. menyampaikan kiat-kiat menjadi public speaker yang baik, yang dapat dilakukan untuk mendapatkan atensi pendengar saat berbicara di tempat umum dan langsung mencontohkan salah satu dari kiat-kiat yang telah beliau sebutkan kepada para peserta KP3E dengan mengadakan kuis di akhir materi, sehingga audiens tertarik untuk mendengarkan materi dengan memberikan hadiah kepada para peserta yang dapat menjawab kuisnya dengan benar.
Hujan mengguyur, materi pun telah selesai. Para peserta pun diberi waktu untuk berdiskusi dengan teman satu ekstrakurikuler untuk menyiapkan bakat yang akan ditunjukkan pada pentas seni saat api unggun malam nanti. Beragam bakat ditunjukkan oleh setiap ekstrakurikuler yang hadir pada acara KP3E. Dalam wawancaranya bersama Tim Jurnalis MAN 2 Kota Bekasi, Syifa dan Misyka dari ekskul Taekwondo mengaku bahwa kegiatan api unggun ini adalah salah satu kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu dan menyenangkan. Pada hari Selasa (13/12/22), setelah Shalat Shubuh berjamaah yang diimami oleh Bapak H. Sulaiman, S.Pd.I. dan dilanjutkan dengan kultum yang dibawakan oleh Bapak Sahrul Anwar, S.Pd. para peserta kembali bersiap-siap untuk mengikuti senam pagi yang dipimpin oleh Bapak Ali Alattas, S.Pd. dan Ibu Rosa Rachmaliani, S.Pd. sebelum pada akhirnya para peserta dipersilakan untuk mengemas barang-barang dan berganti baju untuk persiapan pulang.
Kegiatan KP3E ini kembali ditutup oleh apel penutupan yang dipimpin oleh Bapak Wakil Kesiswaan, Bapak Marso, S.Pd. dan pengukuhan ekstrakurikuler yang dilambangkan dengan pemakaian tali kur dan baret pramuka kepada 2 peserta KP3E yang hadir.
Dengan diselenggarakannya kegiatan KP3E, Bapak Marso berharap agar Siswa/I yang hadir dalam acara ini dapat mewujudkan dan mencontohkan hal-hal yang telah disampaikan dan diajarkan dari materi-materi yang telah diberikan, agar dapat menjadi pemimpin yang baik, mandiri, dan amanah.

Postingan populer dari blog ini

Pelaksanaan P5P2RA (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin) di MAN 2 Kota Bekasi

Keseruan Pelaksanaan P5P2RA (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin) di MAN 2 Kota Bekasi Bekasi (MAN 2 Kota Bekasi) – Sebagai salah satu Sekolah yang ikut berkesempatan untuk Menerapkan Kurikulum Merdeka kepada Murid baru kelas X (Sepuluh) tahun ajaran 2022/2023, MAN 2 Kota Bekasi juga ikut melaksanakan P5P2RA (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin) sebagai projek akhir semester yang wajib dilaksanakan oleh setiap siswa/i kelas X. Sejak Senin (19/12/2022) rangkaian kegiatan P5P2RA sudah resmi dibuka dengan diadakannya apel pagi sebagai pembukaan secara simbolis. Setiap siswa/i dapat memilih dari 3 subjek yang disediakan yakni : Warisan Budaya, Kuliner Nusantara, dan Kesenian. Jika, siswa/i memilih subjek Kuliner Nusantara maka mereka diwajibkan untuk datang pada hari Selasa (20/12/2022) lalu mereka berkumpul di Lapangan MAN 2 Kota Bekasi untuk melakukan food tasting agar ketika melakukan Expose P

PPDB 2023/2024

LAUNCHING PEMBUKAAN PPDB MAN 2 KOTA BEKASI 2023 - 2024 MAN 2 Kota Bekasi (Bekasi) - Bismillahirrahmanirrahim, pada hari senin, tanggal 3 April 2023, di mulai launching pembukaan penerimaan Peserta Didik Baru di MAN 2 Kota Bekasi dengan kuota penerimaan pada tahun ini sebanyak 324 siswa. Pelaksanaan kegiatan pendaftaran PPDB ini akan di mulai dari tanggal 3 April sampai dengan tanggal 24 Mei 2023, melalui link https://ppdb.man2kotabekasi.sch.id/. Pada tahun ini selain dari nilai raport dan prestasi juga akan ada tes akademik dan juga tes BTQ yang akan di laksanakan pada tanggal 25 Mei 2023, dan hasil akan di umumkan pada tanggal 30 mei 2023. Secara detail tentang informasi PPDB bisa di lihat dari gambar di bawah ini ;

PPDB 2024/2025

Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bekasi Segera Buka Pendaftaran PPDB Tahun Pelajaran 2024 – 2025      Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bekasi (MAN 2) membuka pendaftaran calon peserta didik baru untuk Tahun Pelajaran 2024 – 2025. Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs resmi https://ppdb.man2kotabekasi.sch.id/.       Proses penerimaan peserta didik baru akan dibuka melalui 3 Jalur, yaitu Jalur Prestasi, Jalur Afirmasi dan Jalur Reguler dengan sistem seleksi Sertifikat dan tes BTQ/Wawancara bagi jalur prestasi, Seleksi berkas dan juga mengikuti tes akademik, BTQ dan wawancara bagi jalur afirmasi dan reguler yang di laksanakan secara luring, sesuai dengan jadwal terlampir.      Target MAN 2 Kota Bekasi pada tahun ini adalah menerima 288 peserta didik baru untuk kelas 10. Berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta didik baru:  Berusia maksimal 21 tahun pada tanggal 1 Juli 2024.  Memiliki ijazah/STTB MTs/SMP/Program Paket B/Program Pendidikan Kesetaraan pada P